Bukittinggi (nabila tsoerayya)


BUKITTINGGI
by : Nabila Tsoerayya



Bukittinggi adalah kota kecil yang terletak di profinsi sumatra barat dan dikenal sebagai kota pariwisata. Luas kota Bukittinggi kira-kira 25km persegi dengan morfolgi perbukitan. Bukittinggi dikenal sebagai kota yang sejuk dan memiliki banyak panorama-panorama yang telah di akui oleh wisatawan. Lambang dari kota bukittinggi adalah "Jam Gadang"
yang terletak di jantung kota bukittinggi. Tinggi Jam gadang sekitar 26 meter dengan keunikan angka 4 pada jam ini.

Selain Jam gadang , Bukittinggi juga dikenal dengan Sianok Canyon atau Ngarai sianok
. ngarai ini menyuguhkan pemandangan yang dapat memukau wisatawan. Untuk menyaksikan ngarai sianok, kita dapat mengunjungi "Panorama Baru" dan "Panorama" yang berhadapan langsung dengan ngarai sianok ini. Tiket masuk panorama relatif murah, disana , wsatawan dapat menyaksikan keindahan ngarai dan berinteraksi dengan satwa yang berada disana. Di panorama terdapat "Lobang Jepang" yang dibangun pada masa peperangan sebelum indonesia merdeka. Menyusuri Lobang jepang merupakan agenda yang tidak boleh dilupakan oleh wisatawan. Di lobang jepang masi terdapat beberapa lorong yang belum di renovasi, sehingga kita masih bisa merasakan lobang jepang yang masih asli dan khas dengan hawa zaman peperangan. Selain itu, Pemerintah juga sedang mengusahakan melakukan pengembangan di dalam lobang jepang, diantaranya membuat Theater , membuat restoran dan museum tentang penjajahan.
Diseberang panorama , terdapat "Museum Perjuangan"
. Dihalaman museum terdapat sebuah pesawat terbang yang digunakan pada zaman penjajahan. Di dalam museum ini terdapat beberapa peninggalan alat perang dan foto-foto para pejuang.

Tempat Wisata lain yaitu Kebun Binatang Kinantan yang terhubung ke benteng Fort De Cock
Melalui Jembatan Beratapkan gonjong,
yang bernama Jembatan Limpapeh. Kebun inatang Kinantan memiliki koleksi hewan-hewan yang beragam dan disana terdapat sebuah museum yang berupa replika Rumah gadang, Museum Berbentuk Ikan Mas dan Museum tempat hewan-hewan kebun binatang yang telah mati di awetkan. Selain itu, di kebun binatang terdapat area permainan anak yang sederhana.
Setelah mengunjungi Kebun binatang, wisatawan dapat melanjutkan wisatanya ke Benteng Fort De cock
yang di bangun pada masa penjajahan Belanda. Di sini terdapat sebuah bangunan utama benteng dan beberapa meriam yang tidak aktif. Setelah pengembangan oleh Pemerintah, terdapat beberapa dasilitas yang menarik untuk di coba , diantaranya Arena Menunggangi Kuda dan Taman Kupu-Kupu.
Inilah sebagian cerita dari kota bukittinggi ,

0 comments:

Poskan Komentar